Kamis, 03 April 2014

Jalan-jalan ke Korea #Part 1 Persiapan Perlengkapan Musim Dingin

Assalamualaikum...

Kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai perjalanan liburan saya baru-baru ini ke negeri ginseng, Korea Selatan. Perjalanan ini sekaligus menjadi perjalanan bulan madu saya dengan suami karena kita berangkat tidak membawa serta anak-anak :)... 4 hari di negeri ginseng merupakan pengalaman tak terlupakan terutama bagi saya yang pernah menjadi pecinta berat Drama Korea haha... Kita memilih berangkat pada pertengahan bulan Maret dengan tujuan masih ingin menikmati keindahan salju tapi dengan keadaan suhu udara yang tidak terlalu extreme karena sebetulnya di Korea sendiri bulan Maret sudah masuk Spring atau musim semi. Maklum... ini kali pertama saya berkunjung ke negara 4 musim, dan saya pun termasuk orang yang kurang tahan udara yang terlalu dingin. Saya pernah punya pengalaman masuk ke Ice World sebuah wahana yang menciptakan ruang khusus dalam tenda besar dengan suasana musim dingin dan suhu yang mencapai minus juga, pada saat itu saya masuk tanpa persiapan perlengkapan yang memadai hanya mengenakan pakaian dingin seadanya yang memang disediakan untuk kita pakai sehingga pada saat masuk saya langsung menggigil kedinginan dan hidungpun langsung tersumbat sehingga susah bernafas, dan dalam ruangan yang remang-remang serta licin karena es dimana-dimana saya panik berusaha mencari pintu keluar. Lucu tapi sekaligus menjadi pengalaman berharga jika ingat itu :D. Meskipun perkiraan suhu udara sekitar 5-11 derajat celcius tapi saya tetap mempersiapkan dengan baik pakaian dan perlengkapan yang akan saya bawa.

#PERSIAPAN

Perlengkapan Pakaian Musim Dingin
  1. Long John (baju dalam khusus musim dingin)
  2. Baju hangat berbahan luar parasut
  3. Penutup kepala berbahan wool
  4. Syal berbahan wool
  5. Sarung tangan
  6. Masker
  7. Sweater
  8. Baju tidur berlengan dan bercelana panjang dengan bahan agak tebal
  9. Baju dan celana panjang yang nyaman untuk jalan-jalan
  10. Kaus kaki
  11. Sepatu boot
  12. Sepatu yang ringan dan nyaman untuk berjalan

Perlengkapan obat-obatan dan perawatan pribadi
  1. Lip balm (sangat perlu ketika menghadapi perubahan suhu yang lumayan extreme)
  2. Vitamin C untuk menjaga kondisi tubuh
  3. Obat-obatan ringan seperti obat sakit kepala, sakit perut, dll.
  4. Balsam atau cairan penghangat (bagi yang biasa memakai, saya pribadi kurang suka memakainya hehe...)
  5. Toiletries dalam kemasan kecil sehingga aman dibawa di cabin tidak melampaui jumlah cairan yang diperbolehkan, saya sangat memerlukan ini karena perjalanan di tempuh pada malam hari dan tiba di Korea pada pagi keesokan harinya dengan langsung mengikuti tour yang dijadwalkan. Sehingga memungkinkan saya dapat merapikan diri terlebih dahulu begitu tiba di Incheon Int. Airport 
  6. Handcarry bag yang berisi peralatan pribadi yang dirasa perlu dibawa ke cabin, dalam hal ini saya menempatkan pakaian dingin yang akan saya kenakan ketika sampai di Korea, karena tidak mungkin saya pakai sejak dari Jakarta yang suhunya lebih tinggi 
Dalam setiap perjalanan saya ke suatu tempat, saya termasuk jarang membawa bekal makanan. Karena saya memang menyukai hampir semua makanan dan cenderung ingin mencicipi makanan khas dari daerah atau negara yang saya kunjungi. Maka saya akan protes kalau selama bepergian keluar negeri kemudian disuguhi makanan Indonesia hehehe.... bukan tidak mencintai produk dalam negeri justru ini merupakan kesempatan bagi saya untuk menikmati kekayaan kuliner dari setiap tempat yang saya kunjungi. Untuk itulah ketika saya berkunjung ke negara-negara yang penduduknya mayoritas non Muslim saya lebih memilih menggunakan jasa tour guide yang dapat menjamin ke'hala'an makanan yang akan disiapkan selama kita berada di negara tersebut.


Bersambung.....

         

2 komentar: