Sabtu, 16 November 2013

Umroh #Part 3


Hari-hari di Kota Suci Mekah

Pagi hari pertama

Hari pertama di Mekah, pada pagi hari setelah umroh badan sudah terasa lebih segar setelah sempat beristirahat di kamar hotel dan mandi. Waktu luang setelah sarapan saya manfaatkan bersama suami untuk berjalan-jalan di depan hotel yang menghadap langsung ke Masjidil Haram, melihat suasana sekitar mesjid pada siang hari. Pertama yang kita cari adalah tempat penjualan kartu telephon selular, agar dapat segera menghubungi anak-anak di tanah air. Pertimbangan penggantian kartu lokal ini karena memang jauh lebih hemat mengingat lama perjalanan yang akan saya jalani. Ternyata tidak sulit menemukannya, di sekitar hotel banyak sekali toko-toko berderet yang memudahkan para jamaah membeli keperluan. Dari mulai Apotik,mini market,tempat makanan siap saji, dan banyak lagi. Bahkan hotel tempat kami menginap pun menyatu dengan Mall. Saya menikmati suasana pagi itu dengan perasaan suka cita. Menikmati arsitektur mesjid, hotel dengan burung merpati yang berkeliaran dengan bebas, mencoba merekam semua itu dalam ingatan, agar dapat saya kenang suatu saat nanti. 


Suasana pagi di depan Hotel Hilton Tower dengan latar belakang Masjidil Haram



Suasana kamar Hotel Hilton Tower



Jabal Nur

Hari kedua, saya dan rombongan melakukan tour ke tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Mekah. Mengingat itu hari Jum'at dan kita semua harus kembali untuk melakukan sholat Jum'at di Masjidil Haram, jadi kita berangkat pagi-pagi sekali. Suhu kota Mekah sendiri pada waktu itu masih agak dingin mengingat baru keluar dari musim dingin,kurang lebih seperti di puncak kondisinya. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Jabal Nur, yaitu bukit dimana terdapat gua Hira. Mengingat waktu, saya dan rombongan tidak berkesempatan naik ke atas untuk melihat Gua Hira dari dekat, jadi kita semua hanya berfoto dengan latar belakang bukit, dan berfoto menaiki unta yang dihias...sepertinya ini salah satu foto wajib bagi yang berkunjung ke Mekah hehehehe



Berfoto dengan latar belakang Jabal Nur



Menaiki unta yang dihias bersama suami




Jabal Rahmah 

Tempat kedua yang kita kunjungi adalah Jabal Rahmah. Letaknya di dekat Padang Arafah tempat jemaah haji melakukan wukuf. Tempat ini dinamai Jabal Rahmah yang artinya kasih sayang, dipercaya sebagai tempat bertemunya Nabi Adam AS dengan Siti Hawa yang terpisah selama sekitar 400 tahun setelah diturunkan oleh Allah SWT ke bumi. Dan ditempat pertemuan yang bersejarah itu dibangun sebuah monument yang terbuat dari beton yang posisinya berada di puncak bukit. Beberapa orang percaya bahwa tempat ini salah satu tempat yang mustajab bagi kita untuk berdoa meminta jodoh bagi yang masih lajang Wallahualam...




Monument di puncak Jabal Rahmah




Pemandangan dari atas puncak Jabal Rahmah



Pelataran parkir Jabal Rahmah



Hanya 2 tempat bersejarah itu yang saya sempat kunjungi, banyak tempat bersejarah lain yang hanya dinikmati dari dalam bis dan dijelaskan sejarahnya oleh pembimbing, setelah itu saya dan rombongan bergegas kembali ke Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat Jum'at, yang merupakan sholat Jum'at pertama saya sebagai seorang perempuan, yang di tanah air memang jarang dilakukan oleh kaum kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar